Cerita WNI di China Berburu Spoiler 'Avengers: Infinity War'
13 Mei 2018 | 11:44 | cnnindonesia.co

Bagi WNI di China seperti Dida, spoiler alias beberan film 'Avengers: Infinity War' justru menyenangkan sembari menunggu film itu resmi tayang. (Dok. Walt Disney Indonesia)

Bagi orang Indonesia dan penggemar berat Marvel seperti Mohamad Dida, momen rilisnya Avengers: Infinity War  bak hari Lebaran, menjadi waktu yang paling ia tunggu-tunggu. 

Namun sayang, ia baru bisa menikmati aksi Thanos dua pekan setelah berbagai negara di dunia melihatnya, karena Dida menetap di Chengdu, China, selama dua tahun terakhir untuk menempuh pendidikan magisternya di University of Eelectronic Science and Technology of China. 'Avengers: Infinity War' memang baru tayang perdana di Negeri Tirai Bambu itu pada Jumat (11/5) lalu.


Kemarin Dida tentu jadi satu dari sekian juta penonton di China yang memadati bioskop dan menonton aksi para pahlawan Marvel berusaha mengalahkan Thanos. Selama dua pekan penantiannya, spoiler alias beberan telah luber di internet.

"[Di China] terakhir banget. Bahkan Deadpool 1 saja baru tayang premier di sini bulan kemarin. Jadi Deadpool 2 di sini tidak tahu kapan," curhatnya.

Kondisi China yang selalu terakhir menikmati film blockbuster tersebut membuat momen rilisnya Infinity War yang resmi tayang di tadi malam tak ingin dilewatkan oleh Dida.

Seperti ribuan, atau mungkin jutaan, penonton Marvel lainnya di China, Dida telah memesan tiket bioskop Avengers: Infinity War beberapa hari sebelum rilis melalui daring. Kata Dida, sebagian besar transaksi seperti tiket film sudah terintegerasi dengan internet.

Pun dia tak memiliki kesulitan ketika mencari tiket Avengers: Infinity War. Ia tak perlu panik seperti sebagian penonton di Indonesia ketika melihat bangku Avengers: Infinity War di bioskop dominan merah karena penuh dipesan.

"Di daerah saya, Avengers: Ifinity War ditayangkan di kurang lebih 6-7 studio di bioskop. Interval waktu penayangannya jeda setiap 15 menit," kata Dida. "Penuh juga kemarin di studio tempat saya tonton."

"Karena bioskop di tempat saya bersebelahan langsung dengan kampus, jadi yang kebanyakan nonton ya mahasiswa juga. Cuma untuk ukuran antusias seperti ada yang cosplayatau fanbase nonton [bareng] seperti itu sepertinya tidak ada di tempat saya," kata Dida.

Dida sadar, menerima nasib dua tahun tinggal di negara yang menjadi pasar terbesar Hollywood namun sekaligus yang terakhir menonton film terbaru, akan membuat dia menemukan banyak spoiler atau beberan.

Namun Dida tak ambil pusing. Dia justru mengaku senang dengan beberan yang banyak bermunculan sehingga menambah antusiasnya menunggu Infinity War. Pun, dia menemukan rekan sesama fan berat Marvel Cinematic Universe yang 'sama-sama suka akan spoiler'. 'Ancaman' Thanos untuk meminta fan yang sudah menonton untuk tetap 'diam' tak membuat nyali Dida ciut.

"Jadi pas kemarin rilis di seluruh dunia, [saya] benar-bener cari ulasan, diskusi, atau reaksi terhadap filmnya. Bahkan kemarin teman saya menelepon kakaknya di Australia untuk menanyakan informasi tentang Infinity War," kata Dida. Ia pun mengaku menantikan 'transfer' informasi dari temannya tersebut.

"Cuma, sedihnya sama kebiasaan [sebagian] orang Indonesia sih. Kebanyakan saya tahu spoiler dari Instagram, apa-apa diunggah di Instagram, cuplikan film, [bahkan] foto tiket saja mereka unggah," lanjut Dida.

"Buat saya pribadi yang suka spoiler jadinya kesal sendiri. Maksudnya, kalau memang mau spoiler langsung saja major spoiler mereka unggah sekalian dari pada sepotong-potong gituyang akhirnya bikin makin penasaran," seloroh Dida. "Dan ngiri sih jadinya," lanjutnya lalu tertawa.

Meski mengaku fan berat Marvel dan telah mengetahui beberan sebelum menonton Infinity War, Dida mengaku memiliki rasa yang tak sreg usai menonton film ke-19 Marvel Cinematic Universe tersebut.

Beberapa yang membuatnya tak puas adalah jatah muncul sejumlah tokoh yang ia rasa terlalu sedikit, serta tidak adanya kisah yang lebih menyeluruh dari sosok Thanos
 

Walau masih ada yang tak sesuai di hati, Dida tetap setia kepada Marvel. Ia masih akan terus menonton film tersebut sampai ia puas.

"Ini sudah beli tiket lagi untuk besok," kata Dida lalu tertawa. Momen debut Avengers: Infinity War di China pada Jumat (11/5) menjadi catatan rekor baru. 

Tercatat pada Jumat (11/5) pukul 22.00 waktu China, Avengers: Infinity War telah meraih pendapatan sebesar US$66 juta atau Rp920 miliar di hari pertamanya itu. Angka ini merupakan pendapatan 96 persen pasar box office di hari tersebut.