Espargaro: KTM catatkan peningkatan pesat
31 Agustus 2017 | 22:46 | Glenn Freeman,

Meski berstatus debutan, KTM telah mencatatkan peningkatan pesat sejak terjun di kelas premier pada awal musim lalu. Demikian diungkapkan Pol Espargaro.

Musim 2017 menandai debut pabrikan Austria itu di MotoGP. KTM memang belum dapat mengantarkan pembalapnya naik podium. Akan tetapi, perubahan kecil pada RC16, rupanya membawa dampak positif.

Pol Espargaro mengatakan, justru perubahan kecil itulah yang dirasakannya membuat KTM meningkat pesat, ketimbang upgrade atau pengembangan besar.

“Ini sedikit aneh, karena kami tidak mengubah material super besar,” ungkapnya usai finis ke-11 di Silverstone.

“Material yang kami ubah, membuat kami meningkat, tapi kami tidak merasa melakukannya. Kami mengubah bagian kecil, yang kami pikir lebih baik. Kami juga mengubah sedikit mesin, manajemen tenaga, bahkan beberapa sasis dan garpu.

“Ketika kami melakukan perubahan itu, peningkatan terasa kecil. Tapi jika dirasakan bersama, peningkatannya terasa sangat besar. Ini sangat menarik, karena kami telah meningkat pesat.”

Espargaro kemudian membandingkan antara balapan di Catalunya dan Silverstone. Saat bertarung dalam kondisi panas, KTM kesulitan saat melaju di trek Catalunya.

“Saya sangat kesulitan pada akhir balapan dan tidak bisa mencetak catatan waktu yang baik. Kami bisa bertarung pada awal balapan dengan grip penuh. Kami belajar dan belajar sedikit lebih banyak. Kami juga lebih cepat,” paparnya.