1 dari 2 halaman

Menurut pakar kesehatan, hal yang paling sering kita lakukan dengan ponselyaitu berkirim pesan. Kondisi itu ternyata memiliki dampak pada kesehatan kita.

Beberapa dokter mengklaim bagaimana pengguna smartphone kerap mendapatkan rasa sakit atau mati rasa di tangan dan pergelangan tangan setelah mengirim pesan untuk jangka waktu yang lama. 

"Saya pikir kita mungkin melihat lebih banyak masalah dalam hal gangguan tangan, seperti tendinitis, cedera, artritis, artritis jengkel di jalan, dan bahkan mungkin sindrom terowongan karpal (penyakit di pergelangan tangan)," kata Dr. Sanjeev Kakar, ahli bedah ortopedi di Mayo Klinik Rochester, Minnesota. 

"Anak-anak 20 tahun yang lalu tidak menggunakan perangkat genggam, dan sekarang mereka menggunakannya setiap saat di sekolah dan di rumah. Kita mungkin berada di puncak gunung es, dan kita akan melihat efek kumulatif," sambungnya.

Di sisi lain, beberapa dokter telah mencatat bahwa tidak ada diagnosa medis resmi untuk masalah tangan dan pergelangan tangan terkait teknologi, dan hanya karena masalah tersebut berkorelasi dengan penggunaan smartphone tidak berarti mereka disebabkan penggunaansmartphone.