1 dari 2 halaman

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala kembali mengadakan kegiatan bakti sosial tahunan yaitu Gerakan Mahasiswa Keperawatan Peduli Masyarakat (GEMPAR) Ke-11 di Desa Bayu dan Desa Ayon, Lamkabeu, Kecamatan Selimeum, Kabupaten Aceh Besar pada hari Jumat – Minggu tanggal 22-24 September 2023. Acara ini merupakan kegiatan unggulan Fakultas Keperawatan USK. Pada GEMPAR ke-11 ini, berbeda dengan sebelumnya, dimana pelaksanaan kegiatan menghadirkan kegiatan pengobatan massal, penyuluhan di sekolah, dan program sekolah siaga bencana.

GEMPAR 11 kali ini mengusung tema “Bangkitkan Kesadaran Masyarakat, Bersama Wujudkan Desa yang Sejahtera”. Pembukaan acara dilakukan di halaman Masjid Desa Ayon pada tanggal  22 September 2023 yang dibuka oleh asisten II Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Ali, S.Sos.,M.Si dan Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni USK Dr. Muhammad Ilham Maulana, S.T., M.T,  serta turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Keperawatan USK  Dr. Teuku Tahlil, S.Kp., MS. 

Pada hari pertama, 22 September 2023 terdapat dua rangkaian acara non-pengobatan, diantaranya adalah pelepasan seluruh panitia secara simbolis yang dilakukan secara resmi di Fakultas Keperawatan USK dan temu ramah dengan perangkat desa di Desa Bayu. Hari pertama berjalan dengan lancar serta disambut dengan baik oleh warga dan perangkat desa di Kecamatan Seulimeum.

Pada hari kedua, 23 September 2023 terdapat 10 rangkaian acara terdiri dari kegiatan Opening Ceremony, Penyuluhan SD, Penyuluhan SMP, Penyuluhan Peran Tokoh Masyarakat, Penyuluhan Stunting dan Demonstrasi Memasak Cemilan Bergizi, Penyuluhan Imunisasi dan Pemeriksaan Tumbuh Kembang Anak, Edukasi Remaja Cerdas, Penyuluhan Lansia, Peduli Lingkungan, Perlombaan Rangking 1 dan Cinta Al- Qur’an yang dilakukan secara terjadwal di Desa Bayu dan Desa Ayon.

“GEMPAR 11 ini adalah kegiatan dari Fakultas Keperawatan USK yang sangat bagus dan sangat kami dukung. Karena GEMPAR 11 ini kegiatan yang langsung turun ke lapangan, berhadapan secraa langsung dengan masyarakat dan bahkan memberikan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat disini.” Ucap Muhammad Ali selaku Asisten 2 Pj Bupati Aceh Besar sekaligus membuka kegiatan GEMPAR 11.