Album Jay Z Rilis di Semua Platform Streaming Kecuali Spotify

Three FM 08 Juli 2017 | 10:05 156
Album Jay Z Rilis di Semua Platform Streaming Kecuali Spotify

Jay Z © Splashnews

Era digital membuat perubahan besar terhadap industri musik dan para pelakunya. Seperti Jay Z yang merilis album terbarunya,4:44, secara eksklusif via platform Tidal beberapa waktu lalu. Bukan cuma itu saja, ia pun menerapkan strategi baru untuk merilis album penuhnya itu.

Pasalnya para penikmat musik harus lebih dulu menjadi pengguna Sprint dan mendaftar dalam batas waktu yang ditentukan sebelum bisa mengakses album tersebut. Namun kini, 4:44 milik suami Beyonce Knowles itu pun sudah bisa diakses di berbagai platform streaming.

Seperti dilansir dari Billboard, Jay Z akhirnya melepas album 4:44 di sejumlah platform streaming utama seperti Apple Music, Amazon Music Unlimited, hingga Tidal. Tapi rupanya Jay Z memilih untuk tidak merilis albumnya di platform yang tengah digemari banyak orang, Spotify.

Memang bukan hal yang baru mengingat pada bulan April kemarin, ia menarik seluruh katalog musiknya dari layanan jasa streaming tersebut tanpa alasan. Sejumlah spekulasi menyebutkan kalau pengguna gratis hanya memberikan keuntungan kecil bagi para musisinya.

Pasalnya hal yang sama juga dilakukan oleh Taylor Swift dan Adele, di mana mereka sempat menahan rilisan-rilisannya karena Spotify mengizinkan pengguna gratis yang tetap bisa menikmati musik apapun seperti para user berbayar. Walau begitu, kesepakatan Spotify dan Universal Music beberapa waktu lalu agaknya bisa menjadi jawaban baru bagi para musisi.

Pada bulan April kemarin, perusahaan musik terbesar itu mengusahakan kesepakatan baru di mana para artis bisa membatasi musik mereka untuk para pengguna berbayar guna mendatangkan keuntungan besar. Nah, apakah Jay Z akan tetap bersikeras untuk tidak merilis albumnya di platform Spotify?